• Jam Buka Toko: Jam 08.00 s/d 17.00 WIB
  • Status Order
  • Tlp: 0231-242921
  • SMS/WA: 087826348001
Terpopuler:

Cara Memperbaiki Head dan Chip Pada Catridge

08 Januari 2019 - Kategori Blog

Perangkat printer saat ini nampaknya telah menjadi salah satu kebutuhan dalam berbagai bidang pekerjaan, mulai dari pekerjaan yang memang membutuhkan hasil cetak berkualitas tinggi seperti studio foto (untuk mencetak foto berkualitas tinggi) hingga membantu pelajar untuk mencetak tugas – tugas sekolahnya . ( misalnya makalah dan lain sebagainya) yang notabene berkualitas standar saja.

Oleh karena itu, banyak printer dengan beragam spesifikasi beredar dipasaran, mulai dari printer yang hanya dapat mencetak dengan tinta warna hitam saja (seperti printer dot – matrix, walaupun yang digunakan bukan tinta cair melainkan semacam pita) hingga printer yang dilengkapi dengan scanner sehingga dapat digunakan layaknya mesin fotokopi, namun sebenarnya kualitas hasil cetak suatu printer salah satunya ditentukan oleh kualitas catridenya.

Saat cartridge printer bermasalah, maka sebagus apapun fitur – fitur yang terdapat pada printer, hasil cetakannya tidak akan optimal, oleh karena itu penting untuk Anda yang memiliki printer untuk mengetahui bagaimana cara memperbaiki cartridge printer yang bermasalah, mungkin kita bisa membawanya ke tempat service , tapi tidak ada salahnya jika anda mempelajari sendiri untuk memperbaikinya sendiri. Selain bisa menghemat pengeluaran kita itu pun bisa menghemat waktu kita.

Cartridge printer yang cenderung rawan rusak biasanya cartridge printer yang bagian head cartridge (kepala pencetak), chip cartridge dan ink tank (wadah tinta) cartridge – nya menyatu, sebut saja salah satu printeryang menggunakan cartridge seperti itu, Canon Pixma iP2770. Ada beberapa kerusakan yang mungkin terjadi pada cartridge printer, dalam artikel ini kita akan membahas kerusakan head cartridge karena adanya penyumbatan tinta yang menggumpal, adapun kerusakan pada head cartridge yang disebabkan (misalnya) karena head cartridge cacat seperti tergores benda tajam, bisa dibilang itu kerusakan fatal yang (kemungkinan besar) tidak dapat diperbaiki.

Nah maka dari itu disini akan dibahas cara memperbaiki head  catridge printer yang tersumbat. Cartridge printer menjadi tersumbat biasanya terjadi karena printer tidak digunakan untuk mencetak dalam waktu yang cukup lama, karenanya tinta diujung cartridge (dipangkal head cartridge) menjadi kering dan menghambat aliran tinta dari ink tank cartridge ke head cartridge, akhirnya hasil cetak menjadi tidak jelas (warna pudar atau ada bagian yang tercetak, belang).

1.  Bersihkan head dengan fitur Head Cleaning.

Cobalah cetak (gambar, teks, apapun) pada beberapa lembar kertas dan lalu amati hasilnya, jika hasil cetak nampak baik, maka penyumbatan pada cartridge printertersebut terkategori ringan, namun jika hasil cetak masih sama seperti sebelumnya, maka coba cara kedua.

 

2. Cabut cartridge printer, sedot tinta dari head cartridge dengan toolkitpenyedot tinta khusus.

Anda dapat membeli toolkit penyedot tinta di toko komputer terdekat, namun bila Anda kreatif Anda dapat membuatnya sendiri dengan memodifikasi bekas suntikan tinta printer, tutorial cara pembuatannya dapat dengan mudah Anda temui di websiteatau blog bahkan di youtube, silahkan Anda searching.

Coba cetak beberapa gambar atau teks pada beberapa lembar kertas dan lalu amati hasilnya, jika hasil cetak nampak baik, maka penyumbatan pada cartridge printertersebut terkategori sedang, namun jika hasil cetak masih sama seperti sebelumnya, maka coba cara ketiga.

3. Rendam bagian bawah cartridge printer dengan cairan head cleaner.

Sebenarnya sebagai alternatif jika Anda tidak mendapatkan head cleaner (atau untuk menghemat biaya) Anda dapat menggunakan air panas sebagai gantinya, hanya saja hasilnya akan lebih optimal apabila menggunakan cairan head cleaner, Anda bisa mendapatkannya di toko komputer terdekat. Coba cetak beberapa gambar berwarna pada beberapa lembar kertas dan lalu amati hasilnya, jika hasil cetak nampak baik, maka penyumbatan pada cartridge printer tersebut terkategori berat, jika tidak konsultasikan dengan teknisi komputer.

Biasanya para teknisi memiliki vakum khusus (hasil rakitan) untuk menyedot dan membersihkan head cartridge, atau Anda dapat mempertimbangkan untuk membeli cartridge baru yang sejenis.

Cara Memperbaiki Chip Cartridge yang Bermasalah

Bagian lain dari cartridge printer yang rentan rusak adalah bagian chip – nya (terletak di bagian belakang cartridge), saat chip cartridge rusak, layar komputer akan menampilkan pesan kesalahan (error message) saat digunakan.

  • Cartridge tinta tidak dikenal
  • Cartridge tinta tidak kompatibel
  • Cartridge tinta belum terpasang
  • Cartridge tinta tidak terpasang dengan benar
  • Dan lain sebagainya

1. Cabut cartridge printer, lalu bersihkan bagian konektor chip – nya.

Chip cartridge memiliki konektor berbentuk titik – titik kecil berwarna kuning keemasan (khas jalur sirkuit pada board), jika Anda mendapati pesan kesalahan yang semakna dengan contoh diatas, maka kemungkinan chip cartridge printer Anda kotor karena terciprat tinta atau permukaan konektor chip mulai berkerak karena faktor usia.

Periksa apakah pada layar monitor masih muncul pesan kesalahan seperti di atas atau tidak saat printer digunakan, jika tidak maka coba cetak beberapa gambar atau teks pada beberapa lembar kertas dan perhatikan hasilnya, namun jika printer tidak dapat mencetak karena pesan kesalahannya masih muncul, coba cara kedua.

2. Solder ulang konektor chip cartridge (Kemungkinan kecil berhasil)

Cara ini dilakukan dengan asumsi chip cartridge rusak (bukan kotor) karena beberapa hal, biasanya terjadi korsleting listrik pada konektor atau arus listrik yang tidak stabil yang menyebabkan chip cartridge “terbakar” dan mengakibatkan konektor chip cartridge tidak dapat terhubung seperti seharusnya, dan untuk memperbaikinya tentu saja diperlukan peralatan khusus (mungkin standar industri) dan kapasitas teknisi yang memadai.

Namun ada cara untuk memperbaiki kerusakan pada chip cartridge yang layak dicoba yaitu menyolder (mematri) ulang konektor chip cartridge, tidak dibutuhkan timah solder dalam proses ini, hanya butuh beberapa alat dan berikut:

  • Solder dengan mata (ujung) yang runcing.
  • Flux solder.
  • Penghapus berbahan karet (penghapus pensil biasa).

Berikut adalah ulasan artikel mengenai Cara Memperbaiki Head dan Chip Pada Catridge . Semua tips dan trik mengenai laptop, komputer , dan printer bisa anda cek  di  grandkomputer.com

Hubungi Kami Melalui

Telepon/Hp : (0231) 242921

WA: 0878-2634-8001

Email : [email protected]

There are no comments yet, add one below.

Berikan Komentar/Review Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Form yang wajib di isi ditandai *

 
Chat via Whatsapp